Monday, March 12, 2012

Tidak Bisa Mendownload Aplikasi Android di Google Play Store? Ini Solusinya!

Selama dua bulan, androidku tidak diisi lagi oleh aplikasi-aplikasi yang langsung disedot dari android Google Play Store, pusing juga rasanya, hape android di tangan nyaris stagnan bahkan tidak berguna layaknya hape canggih karena aplikasi yang ada itu-itu saja.

Masalahnya adalah hape androidku (Sony Ericsson Xperia x10 MiniPro) tidak bisa mendownload aplikasi dari Google Play Store (android), setiap kali mendownload aplikasi, status yang tertulis hanya "Starting Download" itupun statusnya bisa dilihat di halaman aplikasi yang di download di market, bukan di header atau pemberitahuan (sejajar dengan jam dan status batrei) sebagaimana biasanya.

Mungkin berbeda dengan masalah yang dihadapi banyak teman-teman yang dalam proses downloadnya memang terjadi kesalahan, misalnya download tidak berhasil, dll. Persoalan yang terjadi pada hape Androidku disebabkan karena kesalahan saat melakukan uninstal aplikasi system melalui Root Explorer. Tanpa kusadari, ternyata saya menghapus komponen penting yang menunjang berjalannya aplikasi android market dan aplikasi google lainnya di hp android.

Saya kebingungan mencari tutorial di google, yang kutemukan malah solusi untuk persoalan berbeda, walaupun kasusnya sama yaitu aplikasi android market tidak berjalan sebagaimana mestinya. namun saat kucari solusi dengan menggunakan kata kunci dalam bahasa inggris, kutemukan juga solusinya dari seorang pengguna android yang mengalami hal serupa denganku, atau dia melakukan kesalahan lebih awal dariku dan membagikan solusinya.

Nah, bagi teman-teman yang mengalami kejadian serupa. Hal ini berarti ada (salah satu atau bahkan semuanya) komponen gtalk yang terhapus, baik itu gtalk.apk, gtalkservice.apk, maupun gtalkprovider.apk olehnya itu solusinya adalah menginstal kembali file tersebut. Untuk mendapatkan ketiga file tersebut, silahkan download disini : gtalk.apk (berisi tiga file apk yang dibutuhkan)

Lakukan proses instalasi seperti biasanya. Ekstrak dulu file zip tersebut lalu pindahkan ke hp android kamu dan installah menggunakan aplication installer. Jika ada pemberitahuan bahwa aplikasi tersebut sudah ada, jangan hiraukan, timpa saja (begitu yang saya lakukan). dalam mendownload ketiganya, sebaiknya dengan urutan gtalkprovider.apk >> gtalkservice.apk >> gtalk.apk

Selamat mencoba dan semoga berhasil !!!

Baca juga: Cara Mendapatkan Duit dari Aplikasi Whaff di Android. Gampang, semuanya bisa kok :)

51 komentar:

blog.amatir.com said...

thanks, solusi yg membantu bgt buat adek ku :P

Cheng Prudjung said...

@vie triya :: btw, Android marketnya pernah berhasil mendownload gak ??? km pake os android brpa ???

Cheng Prudjung said...

selamat deh klo udah berhasil.... lain x rajin2 periksa proxy kl habis ganti krtu :d

Farobi Azhar said...

hei, sy jg lg ribet ni. xperia x 10 mini pro sy kdg bs download, kdg ga di market :-(

Unknown said...

saya dah bsa download gtalk nya tp ga bisa install ada solusi nya ?

Tiffany_Tastics said...

klo GMAIL nya ada gak? saoalnya saya waktu itu selain hapus gtalk,saya juga hapus GMAIL nya,saya sudah install gtalk nya tapi masih blum bisa juga,kayaknya memang musti ada GMAIL juga.ada yang bsa bantu sharew link nya? thx. Hp saya W8

ravi said...

broo
masalah saya jugak sama tidak bisa download tapi bisa brosing
cuman saya coba tips dari atas
tapi kok 3 file tersebut tidak bisa di instal ya ?
mohon petunjuknya gan

nie kimchi said...

slam knal sbelumnya :) hpku samsung galaxy young duos pake kartu 3, udah 2minggu ini gabisa download di google play :( berasa ga berguna bgt punya hp android -___-" downloadnya 'menunggu jaringan' terus... apa itu masalahnya sama yaa? mohon bantuannya yaa ^_^ ditunggu rep nya.

nie kimchi said...

selalu muncul “menunggu jaringan” T___T sedih banget udah 2 minggu gabisa download aplikasi di google play berasa ga guna punya hp android bantuin dong ka!! help me…. hpku samsung galaxy y duos, pake operator 3, udah ampir 2 minggu ini gabisa download aplikasi di google play, tp klo browsing msh bisa. knapa yaa? bingung bgt nih… sempet kepikiran mw jual hpnya, pdhal ini hp bru pake 3 minggu… huhu… sumpah lg bingung bgt… mhon bantuannya yaa ^^

Anonymous said...

Uninstall google play updatenya, trus coba download lg

ikkey said...

Proxy nya dimana ya?

Unknown said...

Ini solusi utk semua type android ya?

Fei lin said...

kak , waktu saya install kok gagal terus ?
malah dibilang " aplikasi tidak di install "

Anonymous said...

Kalo gak bisa install Gtalk dari market (play store) coba hapus dulu history-nya.buka market lalu tekan menu nanti ada pilihan setting dan hapus historynya.Kalau belum juga bisa maka harus cari file yang namanya : Talk 1.3_130.apk.
Silahkan dicoba dulu ya.Good Luck (Andre Rere)

Lilian Marceline said...

tipe ku juga xperia mini , tp aku gak ngerti deh sm penjelsnya TT jd intinya kita download apa aja ? tlg bantu ya , aku uda nangis berhari hari gara gara gk bs download app sm skali TT

Unknown said...

kasus saya juga hampir sama dengan yg di atas
saya ga tau entah data apa yg terhapus
sya coba dengan cara yang di atas
tapi tetap saja tidak bisa

Mugi Fitrianto said...

jadi yg bener yg mana donlot gtalk apa bnerin proxy...proxy saya not set...yg bner yg mana solusinya...

bagdosz said...

sy cm mau share ja pengalamn pribadi. klo gk slah maslh yng timbul : tidk bsa instal app sma sekali. tidak bisa konek komputer. sering terjadi kegagaln membuka aplikasi bawaan. di reset masalah tidak bis terselesaikan.
coba trik berikut :
Bismillah
1. pada kasus saya sumber semua permasalahaan di atasa adalah : sebuah folder di intenal memory yang menjadi beban saat system berrjalan folder tsb : .android scure. hapus folde tersebut insyallah masalah selesai jika tidak bisa di hapus ikuti trik berikut *

a. matikan semua networrk koneksi like : gsm.wifi.gps. lalu matikan tablet buka sim card.
b.hidupkan tablet. coba konek ke komputer . kalo bisa segera hapus folder tsb letaknya di internal memory. namun jika belum bisa konek ke komputer lakukakn langkah sbb
- hapus cache manual dengan cara : buka fileman buka search box ketik cache hapus semua cache yang tampil. matikan tablet hidupkan ulang coba konek lagi ke komputer insyallah berhasil. segera hapus folder .androide scure jika berhasil di hapus tablet anda telah normal kembali.
selamat mencoba
bagdosz@yahoo.cok

bagdosz said...

.android scure folder . ingat2 ting.....trust me....

bagdosz said...

hapus folder .android scure

bagdosz said...

hapus folder .android scure

azwar said...

saya sudah nyoba instal semua,, tpi tetep ga bsa download ...
knapa ya ???

Unknown said...

aduh..kk" saya ga bisa nemuin proxy'nya dimana nih buat diapus biar bisa download dr google play...itu dimananya yah klo di pengaturan..
makasih :)

ags purnomo said...

coba berbagai cara diatas gak ada yang berhasil.......ternyata masalah saya teratasi sendiri......gak pake ribet: cek di "jaringan mobile" kemudian cek "Nama Jalur Akses" sesuaikan dengan jaringan provider yang anda gunakan ( misalnya saya pake XL Broadband maka nama jaringan juga harus sesuai....... jangan pake default)...selamat mencoba..semoga berhasil

Unknown said...

folder android secure ada dimana ya?
ada yg pake simpati?

Anonymous said...

MUNGKIN INI MEMBANTU

Hapus Settingan Proxy di pengaturan internet dan MMS
Berikut caranya:
1. Pergi ke halaman utama dengan cara menekan tombol HOME
2. Tekan tombol MENU lalu klik Settings (pengaturan)
3. Klik Wireless & Netowrks (nirkabel dan jaringan)
4. Klik Mobile Networks (jaringan seluler / telepon)
5. Klik Access Point Namers (Nama Akses Point atau Nama Titik Akses)
6. Klik pada nama APN Internet / MMS yang digunakan saat ini
7. Pada bagian Proxy, atur ke “Not Set” Atau kosongkan.
8. Tekan tombol MENU > klik save (simpan)

Unknown said...

tanks ya..gann,xperia saya dah bisa download aplikasi lagi seperti semula,,, cuma hapus no proxynya saja(kosongkan)

dhika said...

terima kasih banyak gan...
ilmu anda sangat bermanfaat buat orang awam seperti saya...

widia said...

Akhirnyaaaaa.... terima kasih banyak ^^

idaindry said...

proxy saya udah saya kosongkan . tapi ttep aj saat download terjadi kesalahan . gmana ini
mhon bantuanya ya :D

idaindry said...

android securenya dimana ya ?

Unknown said...

Kosongkan PROXY memang jurus JITU...TERIMA KASIH KAWAN.......yang jadi pertanyaan saya,,,masalah apa yang akan terjadi pada sambungan nantinya ?

zimbah said...

Mksh gan n sis smuanya.
Mnrt aq,paling ampuh kosongin proxynya,aq cb lngsung bs.

Anonymous said...

thx gan udah bisa, tips yang sangat bagus untuk mengosongkan proxy itu

Unknown said...

Kasusku sama. Tapi sebelumnya bisa download, skrg malah gak bisa. Gimana nih ? Punyaku os 4.0. Tolongin dong..

charles said...

kalo yg nggak nampak mobile partnernya gimana kosongin proxynya.tks

wandy said...

Kak yg punya saya beda lg kejadian nya..
Waktu saya download katanya penyimpanan yg tersedia tdk memadai..
Wktu saya chek memori internalnya 34mb lg..
Stlh itu saya cba hpus apl yg ada ..
Sehingga memori yg tersedia 65 mb..
Tp waktu sya download apl yg laen jg g bisa..
Tlg bantuannya..

Anonymous said...

Ahhh saya punya permasalahan yang sama, tidak bisa download aplikasi, hanya status bar yang muter-muter gak jelas. Setelah saya lakukan semua anjuran yang ada di internet, mulai dari clear cache di aplikasi google play store, google services dan download manager, masalah masih bercokol. Lalu saya lakukan wipe dalvic cache dan wipe cache partition, masalah masih juga ada. Kejadian yang membuat saya nyaris gila dan nyaris mengkonsumsi obat tidur ini membawa saya ke blog ini. Ternyata hanya dengan klak-klik nggak jelas, maksud saya mengosongkan nama APN yang semula nama APNnya internet saya kosongkan saya save, lalu ada peringatan APN tidak boleh kosong, lalu saya isi lagi dengan internet, ternyata klak-klik nggak jelas ini bisa menyelesaikan masalah. he he he....

Jafar Madina said...

ok.mantaap....mungkin ini yang aku cari selama ini

Unknown said...

Kok ga bisa dibuka sih filenya ?

Anonymous said...

Terima kasih banyak. Ini sangat membantu kebingungan saya...

Anonymous said...

setelah semaleman gk bisa tidur akhirnya problem solved...
aku cuma ngosongin proxy doank...
thanks atas saran" yg bermutu...
thanks a lot...

Unknown said...

Maaf kasus saya sama sprti wandy...
Mohon pencerahan nya...

Anonymous said...

klo aku kluar kta2 : kesalahan saat mengunduh ''head soccer'' tidak cukup ruang pada tempat

Unknown said...

sya pke oppo R827, sya mengalami hal yg sama.

gmn ya cara'y
mohon penjerahan'y
trims_

Anonymous said...

Tenkyu Min,, , Bisa dah, ,,, ^o^

Unknown said...

Saya gabisa download dari playstore pake mobile data. Kartu saya xl. Tapi saya bisa download kalo pake koneksi wifi. Mohon bantuan. Saya udah coba ngosongin port dan proxy. Coba bikin APN baru juga udah. Mohon bantuannya

Unknown said...

jj

Moch Rifqi Fauzi said...

gan saya pake sony xperia m, klo ngedownload di playstore malah loading aja terus ga kelar-kelar?

Vidi Laksono said...

punyaq kasusnya lain lg ,kalo download dibawah 2mb bs tp kalo di atas 2mb gak bisa "download paused" ,itu gimana caranya ,mohon bantuanya,,,

chocolate said...

Hai... pinyaku vivo Y15
Aku mau tanya saat mendownload, sering muncul Aplikasi tidak dapat di pasang Penyimpanan tidak memadai... kenapa yaa ? Mohon bantuannya makasii

Post a Comment

Jangan lupa meninggalkan komentar ya.... (Tolong jgn berkomentar sebagai Anonymous)

 

Alternative Road Copyright © 2012 -- Template was edited by Cheng Prudjung -- Powered by Blogger