Friday, October 15, 2010

Dosen Harus (Wajib) Ngeblog Juga

Update postingan dulu sebelum ke kampus.
Terpikirkan di benak saya bagaimana prosess belajar atau perkuliahan dapat ditunjang menggunakan berbagai fasilitas dan media, media seperti whiteboard, LCD Proyektor, Ruangan berACdll sebagaimana nota benenya adalah fasilitas unggulan yang hadir di setiap iklan. Di  benak saya, fasilitas atau media penunjang peserti ini sudah usang, harus ada yang lebih refresh. Salah satunya adalah blog.

Ada berapa banyak dosen yang memiliki blog dan merawatnya, kita bisa absen. Jika diantara pembaca ada yang masih berstatus mahasiswa, boleh dicek langsung siapa saja dosen yang memiliki blog, dan berapa diantara dosen yang ngeblog tersebut, menggunakan blognya sebagai salah satu media penunjang pembelajaran?.

Bolehlah kita pikirkan bersama bagaimana proses pembelajaran yang didukung oleh media blog. semisal di kampus saya, Dosen yang menggunakan Slide dalam menyampaikan materi memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk meng-copy file (berupa materi perkuliahan) setelah proses perkuliahan selesai. Atau jika tidak menggunakan slide, sang Dosen biasanya membagikan makalah dan selanjutnya akan diperbanyak untuk konsumsi mahasiswa. Jika blog bagaimana?

Tentu mudah, sang Dosen tinggal mengupload materi tersebut di blog dan sang Mahasiswa bisa mengintipnya. Cara seperti ini juga bakal bertahan awet, sang Dosen tidak usah pikir pusing bagaimana mengarsipkan makalah yang telah dibagikannya kepada mahasiswa sellama puluhan tahun mengajar, cukup ngepos di blog dan lepas tangan, berikanlah informasi kepada mahasiswa untuk mengunjungi blog sebelum masuk ke kelas. Asik kan?

Tulisan ini masih sebuah catatan kotor, jadi harap maklum jika bahasanya masih amburadul, saya harus menuliskannya seprti ini karena takut ide menulis persoalan dosen dan blog bakal hilang.

tengkyu atensinya!

3 komentar:

biechie said...

Memang benar tatap muka di kelas tidak boleh diabaikan sama sekali. Tapi saya setuju sekali dengan konsep konsep seperti itu.
Di UNIFA sebagian besar dosen sdh menerapkannya. Hanya saja memang belum maksimal dan optimal.
Sy jg sdh coba terapkan namun masih sebatas posting tugas2. Jadi setiap mhs wajib punya blog juga untuk posting tugas2 mereka. Hitung2 hemat kertas juga.
Hanya saja memang belum semua mhs jg melek teknologi. Bahkan ada yg belum punya email n facebook. Jd mr sama2 kita terus belajar.

Apel Batu said...

Ih jadi malu abis baca artikel ini..

Anonymous said...

alhamdulillah gue punya blog.. meski status gue mashi mahasiswa.. hehe:)

Post a Comment

Jangan lupa meninggalkan komentar ya.... (Tolong jgn berkomentar sebagai Anonymous)

 

Alternative Road Copyright © 2012 -- Template was edited by Cheng Prudjung -- Powered by Blogger